Skip navigation

[Sbelom mulai baca, silakan donlot dulu musik ini buat pengiring pas tmn2 baca email ini:
http://s.itb.ac.id/~xenagenic/TASTY%20TEASERS/Mike%20Mills.mp3]
——————————————————————————————————————

Minggu, 21 Juni 2009…

Almost midnite:

“Kalo mereka udah nggak mau dan males ke sekolah, kenapa nggak kita yg bawa sekolah ke mereka?”
–Gredinov Sumanta Malsad a.k.a. Gerry

“Ngasih mereka makanan tuh ya, ibarat ngelempar daging ke tengah-tengah sekelompok singa yg kelaparan! Jadi kita yg harus ngebagi, biar adil.”
–Manganju Luhut Tambunan a.k.a. Luhut

“Wuiihhh… Mungkin salah satu cara buat ngelepasin mereka dari lem itu adalah… karantina…”
–Nanta Maulana

“Menurut gw, keknya mereka perlu pengalih perhatian gitu deh biar nggak sempet nge-lem… Mungkin dgn bikin mereka melakukan aktivitas2 laen kali, ya?”
–Anita Yuliana a.k.a. Anita

“………………………… gosh……………………………..”
–Gue… [speechless…]

***

Minggu, 21 Juni 2009…
Beberapa jam sbelumnya:

KAK GERRRRRYYYYYYYYYY…!!!! KAK GERRRYYYYYYY….!!!!


Bapa saya digorok sama preman waktu lagi beli sate sama saya… Premannya minta duit, tapi ngga dikasih sama bapa saya… terus bapa saya digorok… terus dimasukin ke karung… saya pulang ngasih tau ibu saya… terus ibu saya sama adek saya pingsan… abang saya lapor ke polisi, tapi premannya ngasih duit ke polisi, jadi nggak ditangkep… saya inget nama premannya… namanya Aripin…


Ayah saya ketabrak kereta di Stasiun Bandung pas lagi kerja… ada kereta yang lagi langsiran, trus ayah saya ketabrak…


Ibu saya pergi ninggalin saya sama bapa saya… terus bapa saya kawin lagi…


Saya tinggal sama nenek saya… Nenek saya teh kasian… Nenek saya yang ngasih makan saya… terus nenek saya sakit, saya kasian… dulu saya ngemis terus duitnya saya kasihin ke nenek saya buat bantuin… tapi dapetnya cuman sedikit…


Ibu saya mau ke Hong Kong… mau kerja… saya minta doain semoga semua lancar…


Ibu saya juga mau ke Hong Kong, Kak…


Saya berterima kasih, kepada kakak-kakak sekalian yang sudah memberikan kami makanan… Semoga kakak-kakak sekalian mendapatkan suami dan istri yang solehah...”


Kak… Kak… Kakak pernah ke Hong Kong, nggak? Di sana panas ya, Kak?


Saya juga baik sama Iqbal… kalo saya punya nasi sedikit, saya bagi ke dia… Iqbal juga begitu, kalo ada makanan suka ngasih ke saya juga… pokonya kalo ada apa-apa, saya bantu Iqbal… dia juga bantu saya…


Kak, kita mau nonton apa sekarang?


Saya teh dulu sekolahnya di Garut, Kak… tapi nggak selesai… dulu teh sampe kelas lima…


Kakak teh ke mana aja, kok lama nggak ke sini?


Kita semua di sini tau kan ya… Alloh yg menciptakan malaikat… Nabi diciptakan oleh malaikat… terus kucing diciptakan oleh siapaaa adik2 dan kakak2 sekaliaaan??? Iyah, oleh nabi…

***

Fragmen2 kalimat di atas bukan fiktif belaka.

Semua penggalan kalimat itu bneran keluar dari mulut belasan anak2 jalanan yg malem itu berkumpul & berbagi sedikit kegembiraan di Rumah Singgah Sahaja, Pasar Ciroyom, Bandung.
Usia mereka sekitar 5 sampe 15-an tahun.

Jgn salah sangka, yg disebut “Rumah Singgah” di sini tuh cuman se-petak kios bambu kecil [sewaan] yg letaknya tepat di belakang bagian pasar yg ngejual daging mentah gitu…

Waktu kami berlima nyampe di lokasi, petak kios itu gelap, sepi, dan kayak nggak berpenghuni…
Ternyata stelah diintip Gerry, beberapa anak lagi meringkuk dlm posisi fetus di dalemnya sambil nge-lem!!

Kami akhirnya bisa masuk ke ruangan Rumah Singgah itu…
Aroma lem Aibon menusuk bgt di dalem!!
Rencananya malem itu kami mo nonton bareng di situ [filmnya Toy Story].

Tapi karena trnyata daya listriknya nggak kuat buat nyalain laptop dan infokus,
akhirnya kami nyanyi2 bareng, bikin kuis tambah2an, dan malah disuguhi unjuk kebolehan anak2 itu dalam hal berceramah [lebih ke sharing pengalaman sebenernya…]



Miris & mengharukan, memang.
Gw pribadi sih emg blm bisa membantu berupa uang ato materi.
Cuma bisa meluangkan sedikiiit waktu…

Lagian, memberi mereka uang [secara langsung] keknya nggak akan menyelesaikan masalah…
karna keknya duitnya bakal dipake buat beli lem Aibon baru…
Jadi, kalo mau ngasih, keknya mending berupa pakaian luar, pakaian dalam, buku2, mainan edukatif, makanan, air bersih, air minum, perlengkapan ibadah…
Uang bisa dipake utk memperpanjang sewa petak kios Rumah Singgah ini.

Bantuan materi macem obat cacing, pemotong kuku, gunting, jarum, dll, tidak disarankan utk diberikan langsung ke mereka… karena salah2 malah bisa membahayakan [dipake jadi pelarian selain lem Aibon]

Pas gw bilang ke Gerry buat bawain mereka makanan, dia jwb,
“Jgn terlalu sering ngasih mereka sesuatu, takutnya ntar mereka jadi ketergantungan.”



Nahh lohhh…
Bingung, kan?

Mereka bukan cuman kekurangan makan & kekurangan pndidikan… tapi juga kekurangan kasih sayang! Akut pula! Jadi mungkin utk sementara ini, memberikan kasih sayang komunal adalah salah satu jalan keluarnya.
Tapi, gmn caranya??
Ya hayukk, sini!! Kita sama2 belajar…



So, ada yg mau ikutan???







p.s.:
Gw sbnernya juga khawatir dgn kemungkinan terjadinya sexual abuse di antara mereka…
Gmn cara mencegahnya, ya?

Oya, versi naratif Gerry tntang acara hari itu, bisa dibaca di:
http://www.facebook.com/note.php?note_id=94408477788&ref=mf

Leave a comment